Monday, August 7, 2017

Mengapa Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) Menjadi Penting di Perusahaan?

Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) merupakan upaya terakhir untuk melindungi dari kecelakaan. Penilaian resiko dan penerapan pengendalian teknik yang aman merupakan prioritas untuk dilakukan sebelum menggunakan APD. Namun, tetap saja kedua hal tersebut tidak dapat menghilangkan seluruh potensi bahaya dan tenaga kerja mungkin tetap perlu menggunakan APD untuk mngurangi resikonya. Pengusaha harus menyediakan APD yang sesuai kepada tenaga kerja secara gratis dan perlu dipilih secara hati-hati.


Penilaian resiko dalam setiap proses kerja sangatlah penting. Penilaian resiko ini dilakukan sebelum pekerjaan dimulai sehingga karyawan dapat sepenuhnya memahami seluruh resikonya. Pelatihan yang cukup terkait penggunaan dan perawatan yang tepat dari APD juga sangat penting. Tidak ada gunanya ketika penggunaan APD dilakukan dengan salah dan ceroboh. APD menjadi penting karena sebagai upaya terakhir yang dapat melindungi tenaga kerja pulang dengan selamat dari pekerjaannya tanpa menderita luka ataupun mengalami gangguan kesehatan.

Peraturan terkait APD penting untuk diketahui diantaranya adalah:
*Dinilai benar dan sesuai sebelum digunakan untuk memastikan sesuai untuk tujuannya

*Dipelihara dan disimpan dengan baik

*Dilengkapi dengan instruksi dan petunjuk bagaimana cara menggunakannya dengan aman

*Digunakan dengan benar oleh karyawan

Apa manfaat pengadaan APD ini untuk perusahaan?

1.Menghindari dan mengurangi cedera dan penyakit – APD dapat mengurangi efek cedera dan dapat mencegah kecelakaan dan cedera secara langsung. Ketidakhadiran dan waktu yang hilang akibat penyakit dan kecelakaan kerja dapat dikurangi.

2.Memenuhi kewajiban keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan peraturan dari pemerintah – untuk menghindari kecelakaan, penyelidikan dan penuntutan.

3.Pencarian dan penjagaan tenaga kerja terbaik – Pekerja yang sehat dan aman menghasilkan pekerja yang bahagia dan produktif. Menjaga pekerja tetap bahagia dalam menghasilkan produktifitas yang meningkat dengan semangat kerja yang tinggi membuat pergantian pekerja lebih rendah dan ketidakhadiran menjadi berkurang. Perusahaan yang menerapkan praktik terbaik terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (dengan APD) dapat menarik calon pekerja baru yang terbaik dengan loyalitas yang dapat meningkatkan merk dan citra positif kepada pelanggan.


4.Menghindari investigasi terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja – dengan tetap patuh, perusahaan dapat menghindari tuntutan (untuk pmanajemen dan direksi) yang meliputi denda, pembayaran kompensasi mapun biaya terkait citra bisnis yang buruk.

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Menerima kritik dan sarannya...