Wednesday, August 2, 2017

Cari Tahu Pentinganya Ergonomi di Tempat Kerja

Ketika seorang karyawan sakit atau terluka, penting bagi pihak manajemen untuk memantau orang tersebut kembali ke keadaan karyawan tersebut cukup sehat untuk dapat menjalankan pekerjaannya. Membuat lingkungan kerja seaman mungkin bagi karyawan merupakan faktor kunci untuk mendapatkan tempat kerja yang produktif. Namun, seharusnya masalah terkait penyakit atau cedera dapat diminimalkan terjadi ketika hal terkait ergonomi di tempat kerja dipertimbangkan.

sumber gambar: InstaOffice

Apa sebenarnya ergonomi itu ?

Ini semua tentang lingkungan dimana seseorang bekerja dan bagaimanan orang tersebut dapat menyelesaikan pekerjaannya. Hal tersebut termasuk alat yang digunakan oleh karyawan untuk membantu proses pekerjaannya dipertimbangkan juga dalam ergonomi. Pentingnya ergonomi di tempat kerja terletak pada kemampuan setiap karyawan untuk bekerja dalam lingkungan yang ideal untuk melakukan pekerjaannya dengan baik.

Di WebMD.com, dijelaskan bahwa perhatian terhadap ergonomi diperhatikan melalui pengaturan tempat kerja atau kantor karyawan sedemikian rupa sehingga mengurangi resiko sakit kepala, kerusakan mata, nyeri punggung, sakit leher, dan bahkan mungkin terjadi masalah pada tendon. Dalam situs tersebut juga dicatat bahwa sebagian besar cedera yang terjadi pada pekerjaan diakibatkan kegiatan yang salah (di kantor) secara berulang,seperti posisi tubuh yang buruk depan layar komputer, membungkuk dan mengangkat benda berat dengan cara yang salah.

Penerapan ergonomi yang baik dapat mencegah semua penyakit yang disebutkan diatas. Tentu ketika kesehatan karyawan terjaga dengan penerapan ergonomi yang baik, terdapat pula pihak manajemen yang lebih baik dalam membuat perusahaan lebih sukses. Di Ergo-Plus.com, Mark Middlesworth menulis bahwa “perusahaan terkemuka/besar mengintegrasikan secara mendalam ke setiap operasional perusahaan mereka” dan berikut manfaat yang diperoleh dari penerapan ergonomi yang sudah terbukti.

Ergonomi meningkatkan produktifitas. Middlesworth mencatat bahwa merancang temmpat kerja yang peduli terhadap kesehatan kerja yang baik bisa membuat karyawan bekerja lebih efisien. Menciptakan lingkungan yang memungkinkan membentuk posisi tubuh yang baik, energi yang lebih efisien, sedikit gerakan dan ketinggian yang lebih baik, menurutnya akan membantu menciptakan suasana kerja yang lebih produktif. Bagaimanapun juga sebagai sesama manusia, kita semua penting untuk berbagi kebutuhan untuk merasa nyaman, tidak peduli dimana kita berada.

Ergonomi meningkatkan kualitas. Berbicara tentang merasa nyaman, tidak ada yang suka dimana kondisi lingkungannya membuat lelah dan frustasi. Middlesworth menunjukan bahwa orang tidak bisa bekerja dengan benar saat merasakan kondisi semacam itu. “Bila beban pekerjaan terlali melelahkan secara fisik karyawan, mereka mungkin tidak melakukan pekerja seperti yang diharapkan ketika awal dilatih”. Lenjutnya, “Misalnya, seorang karyawan mungkin tidak menyekruk cukup baik karena persyaratan tempat kerja (ketinggian) yang kurang baik. Hal ini mempengaruhi kualitas produk.”

Ergonomi meningkatkan keterlibatan karyawan. Umum diketahui bahwa karyawan yang bahagia adalah karyawan yang produktif. Dan ini sering mempengaruh pekerjaannya dalam satu tim. Ketika sebuah perusahaan memperhatikan upaya untuk memastikan keselamatan dan kesehatan, kata Middlesworth, karyawan diperhatikan dengan baik dan hal ini mampu meningkatkan semangat kerja karyawan. Selain itu, tingkat moral dan energi yang tinggi pada pekerjaan membantu mengurangi ketidakhadiran.

Ergonomi menciptakan budaya keselamatan yang baik. “Ergonomi menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja sebagai nilai yang penting”. Lanjut Middlesworth, “Efek akumulasi dari manfaat sebelumnyaadalah terciptanya budaya keselamatan yang lebih kuat bagi perusahaan. Karyawan yang sehat adalah aset perusahaan yang paling berharga”. Menciptakan dan mengembangkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan akan menghasilkan kinerja yang lebih baik untuk perusahaan.


sumber: http://indep.ca/why-ergonomics-in-the-workplace-is-so-important/
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Menerima kritik dan sarannya...