Monday, July 31, 2017

Ingin Hidup Sehat di Kantor, Yuk Perimbangkan 9 Hal Ini

Perawatan kesehatan adalah topik yang selalu hangat dan industri terkait kesehatan dan kesehatan pribadi pun tidak pernah redup. Dengan semakin sadar perntingnya perawatan kesehatan, beberapa perusahaan mulai menegerti dan secara serius melakukan cara-cara untuk mempromosikan pola hidup sehat dan tindakan pencegahan agar tidak sakit kepada karyawan. Perusahaan tahu bahwa karyawan yang tetap sehat dapat memberi manfaat dalam banyak hal, diantaranya adalah lebih sedikitnya kehilangan hari kerja, produktifitas lebih besar, dan lebih sedikit terjadi stress di tempat kerja. Tetap sehat juga bagus untuk finansial perusahaan, perusahaan cukup membayar biaya sosialisasi kesehatan yang rendah dan premi asuransi yang mulai terjangkau. Hal ini membuat perusahaan sudah tercover agar tidak membayar lebih besar terkait kompensasi jika terjadi penyakit akibat kerja. Adapaun 9 praktik kehidupan sehat yang mungkin bisa dilakukan adalah sebagai berikut.
sumber gambar: cantikitunyata 
1. Cuci tangan yang lebih sering. Mencuci tangan merupakan hal mudah yang dapat dilakukan oleh setiap karyawan. Tidak ada yang namanya mencuci tangan terlalu banyak. Meskipun sudah tahu pentingnya hal ini, namun masih banyak yang menganggapnya tidak penting seperti yang seharusnya. Selalu cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan kamar kecil, dan setelah bersin atau batuk.

2. Jaga ruang kerja tetap bersih. Meja kerja rata-rata dapat menampung ratusan kali lebih banyak daripada yang di kamar mandi. Jaga area kerja tetap rapi dan teratur. Rapikan meja kerja setiap hari selama lima atau sepuluh menit sebelum pulang kerja cukup membantu meja tetap rapi dan teratur. Jaga kebersihan dengan dilap dan dibersihkan permukaannya maupun dokumen yang ada di meja.

3. Minum lebih banyak air. Tetap terjaga dengan kebutuhan air yang sesuai dalam tubuh sangat penting untuk produktifitas, kebutuhan energi, dan kesehatan secara keseluruhann. Air dapat membantu tetap waspada dan segar, dan tentu juga dapat menjaga pemikiran tetap jernih dan fokus. Hak ini dapat dijaga dengan membeli botol air besar dan bisa disimpan di meja kerja untuk diisi ulang setiap harinya.

4.Hindari orang lain yang tidak enak badan atau terdapat gejala penyakit. Bila mungkin, hindari interaksi yang dekat dengan orang lain yang sedang dalam kondisi sakit (terutama penyakit menular). Cuci tangan diperlukan setelah bersama seseorang di tempat kerja yang sedang sakit, bersin, atau batuk. Juga sebaiknya karyawan dapat memberitahukan kepada pihak manajemen jika ada orang dikantor yang dalam kondisi sakit, karena hal ini dibutuhkan sebagai pencegahan agar tidak ada kekhawatiran untuk adanya infeksi kepada karyawan lain.

5. Makan dengan baik dan bergizi termasuk makanan ringan dan makan siang. Rencanakan makanan syang akan dimakan selama seminggu, termasuk makanan apa yang akan Anda makan pada saat jam istirahat di siang hari. Kemudian luangkan waktu di malam hari untuk menyiapkan makan siang sehat untuk hari berikutnya. Pastikan setidaknya terdapat kandungan protein tanpa lemak, sayuran segar, dan buah-buahan segar agar tetap berenergi.

6. Istirahat keluar dari tempat kerja sejenak untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar. Pastikan untuk mendapatkan asupan harian vitamin D dengan cara mendapatkan sinar matahari, terutama di pagi hari. Pada hari sibuk Anda di tempat kerja, penting untuk mengambil beberapa menit untuk melangkah keluar dan menghirup udara luar. Sekedar jalan-jalan di sekitar kantor atau gedung untuk sejenak menenangkan diri bisa dilakukan, tentunya dengan sepengetahuan manajemen. Meditasi atau menenangkan diri setelah menghadapi hari yang sibuk dengan menyatu dengan alam juga bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai kesehatan Anda.

7. Makanan ringan sepanjang hari vs makan berat di siang hari. Untuk kesehatan dan mendapatkan energi yang optimal, pastikan untuk menyimpan cemilan sehat di meja kerjasehingga Anda bisa memakannya saat Anda dirasa sulit makan berat. Perhatikan atau siapkan makanan seperti buah segar, kacang-kacangan, yogurt dan keju. Pada jam-jam tertent, guka darah Anda akan cenderung turun dan membuat Anda terpaksa memilih makanan cepat saji terdekat dan makanan manis yang tersedia. Sebaiknya pada saat terjadi hal tersebut, siapkan makanan sehat atau cemilan sehat setiap dua sampai tiga jam untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.

8. Batasi asupan kafein. Anda tidak dilarang untuk minum kopi, namun ingat meminumnya harus secukupnya saja. Untuk mengurangi asupan kafein, cukup dilakukan dengan meminum kopi satu cangkir setiap pagi. Anda juga bisa sangat mengurangi asupan kalori dan gula dengan meminum kopi tanpa krim dan gula (beberapa orang tidak suka hal ini, namun hal ini baik untuk kesehatan.)


9. Mengelola stres dengan benar. Sebagian karyawan sudah menjalani kehidupan bekerja yang serba cepat dengan beragam kesibukan. Akhir-akhir ini, banyak perusahaan yang menekankan karyawan untuk berbuat lebih banyak dengan cara yang lebih sedikit agar terjadi efektifitas, sehingga Anda penting untuk dapat mengelola stres dengan benar agar tetap bisa bekerja dengan sehat. Entah itu sesekali dengan ambil waktu pijat/spa, waktu bersama keluarga yang lebih berkualitas, atau sekedar membaca buku kesukaan Anda, serta tentunya lakukan hobi yang Anda suka. Pastika untuk menjaga diri Anda tetap sehat, karena kesehatan diri Anda adalah modal berharga dalam melakukan pekerjaan dengan baik dan benar.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Menerima kritik dan sarannya...