Thursday, July 27, 2017

10 Tips Mencegah Kecelakaan di Tempat Kerja

Setiap tempat kerja memiliki potensi bahaya yang pasti ada. Hal ini membuat tempat kerja harus melakukan pencegahan terjadinya bahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan. Kecelakaan di tempat kerja menyebabkan biaya langsung ke bisnis Anda, seperti asuransi kompensasi pekerja, biaya pengobatan, dan kemungkinan layanan hukum yang diperlukan. Kecelakaan juga menyebabkan biaya tidak langsung dengan pelatihan yang dibutuhkan untuk karyawan pengganti, investigasi kecelakaan, kehilangan produktivitas, dan perbaikan peralatan kerja.


Kiat berikut membantu menciptakan lingkungan kerja yang aman dan membantu pencegahan terjadinya kecelakaan kerja.

1. Memasukkan rencana keselamatan dan kesehatan. Pondasi untuk lingkungan kerja yang aman adalah program pencegahan kecelakaan dan kesehatan yang efektif. Program ini perlu mencakup semua tingkat keselamatan dan kesehatan karyawan dengan dorongan untuk melaporkan kondisi atau perilaku tidak aman/berbahaya.

2. Melakukan pemeriksaan kualifikasi karyawan baru. Beberapa kecelakaan disebabkan oleh pengalaman dan ketidakmampuan untuk secara fisik dalam melakukan pekerjaan sesuai posisinya. Pemeriksaan calon karyawan baru sebagai upaya perlindungan untuk penempatan yang sesuai kemampuan fisik/kemampuan mereka.

3. Mendidik karyawan dan staf manajemen. Pentingnya menumbuhkan standar keselamatan di antara karyawan dan staf manajemen secara berkelanjutan. Pelatihan tentang pentingnya mengikuti langkah-langkah keselamatan dengan sesering mungkin. Melakukan latihan tambahan singkat melalui peregangan tubuh dapat mengurangi cedera dan menjaga agar karyawan tetap aman saat mengangkat beban dan bergerak.
4. Penelitian atau kajian terkait kerentanan keamanan di tempat kerja. Setiap perusahaan itu unik dan tidak harus memiliki masalah keamanan yang sama. Beri perhatian ekstra pada kecelakaan yang biasa terjadi dan kembangkan strategi untuk mencegah hal tersebut terjadi secara berulang.

5. Menyediakan peralatan pelindung/Alat Pelindung Diri (APD). Peralatan perlindungan pribadi sangat penting dan harus digunakan saat bekerja di tempat yang sesuai, rapat di kondisi tak aman, dan inspeksi langsung ke lapangan. Luangkan waktu untuk mengajari karyawan cara menggunakan kacamata keselamatan, perlindungan wajah, sarung tangan, topi keras, sepatu pengaman, dan penyumbat telinga atau ear muffs dengan benar dan sesuai fungsinya.

6. Memiliki tingkat pengawasan kepegawaian yang memadai. Lebih sering daripada tidak, jam lembur dilaksanakan karena tingkat kepegawaiannya rendah. Karyawan yang terlalu banyak bekerja mungkin menderita kelelahan dan cenderung mengambil jalan singkat untuk memenuhi atau melakukan pekerjaannya dengan resiko yang semakin tinggi. Mempekerjakan karyawan paruh waktu atau kontrak dapat membantu mencegah kecelakaan karena kelelahan.

7. Jangan mengambil jalan pintas. Kecelakaan terjadi saat karyawan melewati langkah-langkah untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dari jadwal dengan resiko yang semakin tinggi. Pastikan semua instruksi jelas dan terorganisir untuk mencegah kecelakaan yang tidak semestinya terjadi di tempat kerja.

8. Periksa dan pertahankan semua kendaraan perusahaan. Menurut temuan Occupational Safety and Health Act, kecelakaan mengemudi dalam bekerja merugikan pengusaha rata-rata $ 60 miliar dolar setahun. Pemeliharaan harus mencakup inspeksi bulanan dan perbaikan kendaraan sesegera mungkin saat dibutuhkan.

9. Pantau langkah-langkah keselamatan. Setelah pelatihan awal, perkuat langkah-langkah keselamatan di setiap kesempatan, yaitu rapat staf, supervisi, dan pelatihan berkala. Menghargai karyawan yang mematuhi standar atau tetap bebas cedera selama jangka waktu tertentu melalui sosialisasi dan teladan untuk semua.

10. Jaga agar tetap tertib kerja. Pembenahan barang-barang kebutuhan kantor  yang buruk dapat menyebabkan bahaya kesehatan dan keselamatan yang serius. Tata letak tempat kerja harus memiliki petunjuk jalan kaki yang memadai, terbebas dari puing-puing maupun penghalang, dan wadah dan tanda untuk membersihkan tumpahan.



sumber: www.concentra.com/resource-center/articles/10-tips-to-prevent-workplace-injuries/
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Menerima kritik dan sarannya...