Friday, July 28, 2017

5 Alasan Untuk Menggunakan Jaminan Kesehatan Bagi Karyawan (Juga Bagi Perusahaan)

Jaminan kesehatan merupakan bagian penting dari yang bisa didapatkan karyawan, dimana hal ini menekankan mengapa sekitar sembilan puluh delapan persen bisnis besar menawarkan hal ini kepada calon karyawannya. Sementara itu, usaha kecil dan menengah jarang menawarkannya ( tercatat hanya sekitar tujuh puluh lima persen yang memiliki jaminan kesehatan bagi karyawan). Jaminan kesehatan dan dana pensiun secara konsisten menjadi hal yang penting bagi karyawan, selain juga dapat sebagai bentuk suatu penghargaan. Sementara menawarkan jaminan kesehatan ini menjadi hal yang dihindari perusahaan (karena pengeluaran perusahaan bisa bertambah), namun ada beberapa alasan mengapa pihak manajemen harus mempertimbangkan untuk menawarkan jaminan kesehatan bagi karyawan.

sumber gambar : cermati.com
Setidaknya ada 5 hal yang menjadi alasan.

1. Daya Tarik – Pasar tenaga kerja saat ini bisa disebut kompetitif, dan mendapatkan karyawan baru yang terbaik merupakan bagian penting dari strategi bisnis perusahaan manapun. Jaminan kesehatan merupakan sesuatu yang banyak dicari karyawan baru saat ini, terutama karena biaya perawatan kesehatan saat ini terus meningkat. Jika manajemen ingin menarik karyawan terbaik untuk mengisi posisi yang manajemen inginkan, menawarkan manfaat kesehatan adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya.

2. Retensi (Penjagaan) – Tentu saja, daapat menarik karyawan terbaik hanya sebagian dari tujuan. Manajemen juga harus menjaganyadalam tim setelah dipekerjakan, dan jaminan kesehatan akan membantu karyawan tersebut nyaman dan aman. Sebuah survey baru-baru ini melaporkan bahwa hampir sembilan puluh persen karyawan dengan jaminan kesehatan menyatakan bahwa mereka akan mulai mencari pekerjaan ditempat lain jika mereka tidak mendapatkan jaminan kesehatan. Sehingga hal ini dapat membuat karyawan mungkina akan mengincar pekerjaan di tempat lain yang dapat memberi merka jaminan kesehatan yang dibutuhkan.

3. Semangat dan Produktifitas – Terkait juga dengan penjagaan karyawan, penting untuk dicatat bahwa semangat dan produktifitas sangat berhubungan dengan kebahagiaan karyawan. Jaminan kesehatan merupakan salah satu cara terbaik untuk memberitahu bahwa manajemen menghargai karyawan dan kontribusinya dalam posisi yang ditempatinya adalah penting. Mengetahui  bahwa karyawan memiliki jaminan kesehatan, mereka akan berterima kasih kepada manajemen dengan menunjukkan kebahagiaan, kesetiaan, dan bekerja lebih keras untuk perusahaan.

4. Kepatuhan – Peraturan pemerintah sudah mendukung kewajiban perusahaan untuk melakukan perlindungan terhadap karyawan, sehingga perusahaan mau tidak mau harus melakukan hal tersebut agar bisa diakui oleh pemerintah. Pemerintah sudah mempermudah dalam proses untuk jaminan kesehatan ini, sehingga ketidak-patuhan terkait penyelenggaraan jaminan kesehatan di perusahaan wajib dihindari. Mematuhi peraturan yang dibuat pemerintah tentu akan mempermudah jalan dalam pengurusan hal-hal lain yang berhubungan dengan pemerintah.

5. Kemudahan – Akhirnya, penting untuk dicatat bahwa jaminan kesehatan lebih mudah ditawarkan dan dikelola daripada banyak orang mungkin menyadari. Beberapa perusahaan tidak menawarkan jaminan kesehatan karena biaya atau masalah manajemen, namin saat ini jaminan kesehatan banyak ditemui dengan harga terjangkau dan lebih mudah, sehingga tidak serumit yang dibayangkan pihak manajemen. Dan dengan program pendukung jaminan kesehatan dari pemerintah pun, bisa lebih mudah untuk mendapatkan akses jaminan kesehatan bagi karyawan.


Jika manajemen perusahaan ingin memberi karyawan dengan sebaik-baiknya, jaminan kesehatan bisa menjadi solusinya. Perusahaan tidak hanya akan mendapatkan keuntungan langsung melalui jaminan kesehatan, tetapi perusahaan juga akan mendapatkan keuntungan keseluruhan yang lebih kompleks (seperti keberlanjutan, perkembangan, maupun kemajuan).
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments:

Menerima kritik dan sarannya...